Masalah resolusi display pada vga SIS memang sering membuat repot bagi pengguna ubuntu. Hal ini karena vga SIS masih belum bisa otomatis kedetek oleh ubuntu sehingga resolusi menjadi sangat kecil yaitu hanya 800×600. Tentunya ni bikin tampilan ubuntu terasa gimana gtu (kurang elegan .red) Pada ubuntu versi sebelumnya yaitu pada jaunty (9.04), resolusi dapat diperbesar dengan mengedit file xorg.conf yaitu dengan menambahkan “horizsync 34-60″ dan “vertrefresh 60″ pada section “monitor”. Pada ubuntu karmic (9.10), pada laptop dengan vga SIS, file “xorg.conf” tidak ada jika dilakukan fresh install so “xorg.conf” dapat dimunculkan dengan “xrandr” pada terminal lalu menyetting resolusinya atau dengan menginstal driver “sisimedia_0.9-1_i386″. Namun pada ubuntu lucid (10.04), cara2 diatas kurang ampuh digunakan lagi baik dengan dengan “xrandr” yang terkenal sangat ampuh pada versi sebelumnya maupun dengan menggunakan driver “sisimedia_0.9-1_i386″. Display resolutin pada ubuntu lucid (10.04) dapat diatasi dengan menggunakan driver “xorg-driver-sis671-0.9.1″. cara instalsinya cukup gampang yaitu:

selesai n selamat menikmati resolusi yang baru…..  
untuk meng-copy-nya harus dengan akses root dan bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu:
Via terminal:
1. masuk sebagai root dengan perintah “sudo -i” (tanpa petik) lalu masukkan password
2. copy file ke directory /usr/lib/xorg/modules/drivers dengan perintah “cp lokasi_file /usr/lib/xorg/modules/drivers” (tanpa tanda petik)
via nautilus:
1. masuk terminal dan ketikkan perintah “sudo nautilus” lalu masukkan password
2. Dari nautilus yang muncul silahkan copy file ke directory /usr/lib/xorg/modules/drivers seperti copy file biasanya
kalau masalah flickering sis mirage 3 mengacu ke Screen Flickering with SIS Mirage 671/672 on Ubuntu Lucid
pada dasarnya itu perintah dasar so kemungkinan besar bisa digunakan semua turunan dari ubuntu,,,
bisa jadi ketika menjalankan command2 nya anda tidak masuk sebagai root karena command2 tersebut menuliskan file pada filesystem sehingga butuh akses root,,,